Tuning TCP/IP Stack di Solaris Zones

Solaris memungkinkan kita untuk melakukan tuning, tweak, dan mengatur ulang berbagai parameter yang terkait dengan TCP/IP stack disaat system sedang berjalan. Fitur Solaris ini mampu mengubah parameter penting dengan cepat dan nyaman, menggunakan program atau command yang bernama “ndd”.

Setiap pengguna dapat mengeksekusi program ini untuk sekedar membaca pengaturan parameter saat ini, tapi hanya super-user yang diperbolehkan untuk menjalankan “ndd -set” untuk mengubah nilai-nilai dari parameter-paremeter tersebut.

Untuk membaca parameter kita bisa gunakan “ndd -get”, dan untuk melakukan pengaturan kita bisa menggunakan “ndd -set”.

Solaris juga mempunyai fitur yang bernama zone atau container yang biasa disebut sebagai virtualisasi dilevel Operating System.

Pada tulisan ini tidak dibahas bagaimana melakukan konfigurasi Container/Zone, tapi jika Anda berminat, berikut howto singkat bagaimana melakukan konfigurasi container/zone di Solaris 10.

Dibawah ini adalah bagaimana caranya agar kita bisa melakukan tuning TCP/IP stack atas zone-zone yang ada di Solaris, kuncinya hanya satu, resource ethernet harus diset “Exclusive” bukan “Shared”.

“The shared-IP zones always share the IP layer with the global zone, and the exclusive-IP zones always have their own instance of the IP layer. Both shared-IP zones and exclusive-IP zones can be used on the same machine.”

Jika resource ethernet diset “shared”, maka kita akan menemui error seperti dibawah ini ketika kita melakukan tuning menggunakan program atau command ndd.

Bagaimana mengubah dari “shared” menjadi “exclusive”?, berikut adalah step-by-step nya:

1. Cek konfigurasi network non-global zone

2. Reconfigure nxge1

Address dari nxge1 tidak bisa diset lewat global-zone, jika kita coba lakukan konfigurasi ip address dari global-zone maka akan muncul error “net: address cannot be specified for an exclusive IP type” saat kita jalankan command “verify”, solusinya adalah melakukan setting langsung dari masing-masing zone.

3. Remove nxge1 dari global-zone

4. Set hostname, gateway dan netmask dari zone01

5. Cek kembali konfigurasi zone

6. Testing

7. Selesai

Share it now...
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on Google+0
The following two tabs change content below.
Unix/Linux enthusiasts, good working experience with SAN, NAS, Linux, Solaris, AIX, VMWare & Graphic Design. Certified for Solaris Admin, EMC & HDS Storage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *