Solusi keyboard hang pas njalanin VMWARE

Hehehe, judulnya kayak judul berita di koran “lampu merah”, tapi bodo amat ah… mudah-mudahan yang baca tetep bisa ngerti what the talking about… 🙂

Pernahkan Anda mengalami keyboard host OS (Ubuntu) tiba-tiba hang ketika kita menjalankan vmware? hang tidak bisa mengetikkan huruf besar/ kapital (namun bisa mengetikkan huruf-huruf kecil), tidak bisa mengetikkan angka, menu-menu di “main-menu” juga tidak bisa di klik, tombol-tombol f1, f2 dst tidak juga berfungsi dll

Dulu saya anggap ini adalah error dari compiz fusion, ternyata bukan…

Solusinya?

Solusinya adalah dengan menjalankan command “setxkbmap”, masalahnya bagaimana menjalankannya? karena untuk menampilkan console biasanya dengan menjalankan CTRL + ALT + F1, sedangkan tombol F1 tidak berfungsi, atau bisa juga dengan mengetikkan ALT + F2 kemudian kita ketikkan “setxkbmap” tapi lagi-lagi masalahnya adalah tombol F2 tidak bisa berfungsi.

So… Solusi yang tepat adalah :

Tambahkan icon “deskbar” dan atau “terminal/console” pada panel, yang fungsinya adalah agar kita bisa meng-klik sewaktu-waktu icon tersebut untuk menjalankan command “setxkbmap” saat keyboard mengalami hang.

The following two tabs change content below.
Unix/Linux enthusiasts, good working experience with SAN, NAS, Linux, Solaris, AIX, VMWare & Graphic Design. Certified for Solaris Admin, EMC & HDS Storage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.