Mengaktifkan NAT di Sun xVM VirtualBox

Untuk mengaktifkan NAT di Sun xVM VirtualBox, ada sedikit trik yang harus di jalankan, pastikan kondisi GuestOS tidak dalam kondisi hidup (ON).

Misalkan kita menggunakan Ubuntu sebagai HostOS, dan OpenSolaris sebagai GuestOS nya, maka jalankan command-command dibawah ini melalui console di Ubuntu.

Setelah dijalankan kita bisa mengecek hasil command-command tersebut dengan cara :

Jika terjadi kesalahan dalam penambahan extradata tersebut atau kita ingin mengembalikan settingan tersebut seperti semula, maka kita bisa gunakan command dibawah ini untuk meremovenya :

Setelah selesai, silahkan jalankan GuestOS di VirtualBox, pastikan tidak ada error ketika proses startingnya.

Untuk mengaktifkan fungsi port forwarding, agar GuestOS bisa ikut menggunakan koneksi internet si HostOS, maka kita perlu merubah file /etc/sysctl.conf di HostOS nya 🙂

menjadi :

Aktifkan DNS di GuestOSnya

Selamat ber-NAT dan berinternet ria di Sun xVM VirtualBox…. 🙂

The following two tabs change content below.
Unix/Linux enthusiasts, good working experience with SAN, NAS, Linux, Solaris, AIX, VMWare & Graphic Design. Certified for Solaris Admin, EMC & HDS Storage.

One thought on “Mengaktifkan NAT di Sun xVM VirtualBox

  1. popy says:

    kalau guest nya ada 2 dan dijadikan server yang berjalan secara bersamaan, dan dihubungkan dengan 1 komputer lain (client) dengan kabel UTP untuk membuat jaringan LAN. Apkah memakai NAT?

    dan apabaila kalau untuk penerapanya hanya menggunakan 1 komputer (yang jadi client adalah host nya) apakah memakai NAT juga?
    PLEASE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.