Mengembalikan Boot XP di MBR

Banyak jalan menuju Roma, saya rasa ungkapan ini sangat benar, contoh kecil di milis yang sering saya ikutin, banyak banget orang yang merasa kebingungan jika mereka menghadapi masalah, padahal jika di floor di milis, mereka akan temukan solving dari masalah tersebut secara cepat, jelas, dan free of charge.

Sample masalah yang sering banget saya temui adalah, ketika seseorang sedang belajar mengenal linux, kemudian mereka menginstall linux di partisi bersebelahan dengan partisi Windows, ketika suatu saat dia ingin meng -uninstall Linux mereka (karena biasanya pengguna pemula lebih identik suka mencoba berbagai distro) maka yang terjadi adalah, mereka tidak bisa masuk kembali ke Windows XP nya, dikarenakan boot loader yang masih aktif di MBR (Master Boot Record) adalah boot loader dari linux, bisa Grub bisa Lilo.

Nah pertanyaan yang muncul adalah, “Bagaimana cara menghapus boot loader linux (lilo atau grub), dan digantikan dengan booting Windows XP nya?”

Ok, sekarang coba saya tuliskan step-stepnya:

  1. Masukkan CD Installer Windows XP
  2. Silahkan Set BIOS agar bisa booting via CD
  3. Muncul Blue Screen Instalasi Windows Pilih Opsi REPAIR
  4. Masuk ke Recovery Console
  5. Pilih Partisi Windows yang mau di repair
  6. Masukkan Password Administrator
  7. Setelah muncul C:Windows maka ketik: FIXMBR atau FIXBOOT
  8. Jawab “YES” jika muncul pertanyaan, “Apakah anda akan menginstall ulang MBR?”
  9. Restart

Begitulah langkah-langkah yang perlu kita lakukan, untuk menghapus Boot Loader Linux (lilo atau Grub yang “bandel” bercokol di MBR, setelah kita menghapus partisi Linux.

Langkah-langkah tersebut diatas tidaklah mutlak harus begitu, ini hanyalah salah satu cara saja, karena kita pun bisa melakukan hal tersebut lewat Floppy, CD installer Windows 98 or Whatever.

So… Banyak jalan menuju Roma 🙂

Share it now...
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on Google+0
The following two tabs change content below.
Unix/Linux enthusiasts, good working experience with SAN, NAS, Linux, Solaris, AIX, VMWare & Graphic Design. Certified for Solaris Admin, EMC & HDS Storage.

11 thoughts on “Mengembalikan Boot XP di MBR

  1. rendra says:

    great n simple solution, thx bro it help me a lot, coz gw dah coba brbagai cara smpe instal ulang windows tetep suseh, skarang akhirnya dah bisa normal lagi, jd gw ga takut2 buat nyoba distro lg, sipp deh he6

  2. agusmen says:

    Saya coba Booting pake Windows Installer seperti yang disarankan, cuma lama sekali nunggu muncul perintah berikutnya, jadi sementara ini saya anggap nggak bisa booting pake Windows Installer.
    Adakah cara lain untuk menyelesaikan masalah seperti ini???

  3. kuldonk says:

    itu kalo partisi linux nya udah kehapus, gmana dengan kasus seperti ini :
    saya me-install fedora di partisi ubuntu yang dual boot dengan windows, setelah selesai pilihan boot nya hanya ada fedora saja. gimana cara mengembalikan grub windowsnya?

  4. Reza Ghani says:

    oh gtu,v waktu itu saya dual booting dengan windows vista n xp!!!trus skrng d instal xp gk bsa pas penginstalan k 2 stelah restar,hardisknya gk mw d boot!!!

  5. sundQ says:

    stelah melakukan instal opensuse
    kenapa ya thu masuk ke xp kembali
    tidak bisa?????

    yg keluar
    rootnoverity (hd0,4)

    apa yag msalahnya?
    dan gmana ngatasinya????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *