Mengetik Huruf Hijaiyah di Linux

Pernah beberapa waktu yang lalu penulis diminta tolong oleh salah seorang teman untuk membuat sebuah tes untuk pelajaran Bahasa Arab. Penulis sendiri sempat bingung, harus menggunakan apa untuk menulis dengan huruf hijaiah. Di beberapa sistem operasi, untuk menulis huruf hijaiah kita diberikan syarat untuk membeli OS yang mendukung penggunaan keyboard Arab. Sungguh sebuah pekerjaan yang membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Untunglah, saat itu penulis sudah menggunakan GN/Linux. Berbekal desktop KDE, akhirnya penulis sudah bisa menyelesaikan tugas tersebut. Secara umum, KDE akan membuat keyboard kita bertingkah seperti keyboard untuk huruf Arab.

Untuk mengaktifkan keyboard sehingga kita bisa menulis dalam format huruf hijaiah, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Bukalah KDE Control Center dengan cara klik menu [K] > [Control Center].
  2. Pada tab [Index] di jendela KDE Control Center bagian kiri, masuklah ke modul [Accessibility] > [Region & Language]. Atau pada distro lain bisa lewat menu [Regional & Accessibility] > [Keyboard Layout]. Pada bagian kanan jendela, pilihan-pilihan pengaturan mengenai tata letak keyboard muncul. Aktifkan tab [Layout].
  3. Kemudian berilah tanda cencang pada pilihan [Enable keyboard layouts].
  4. Selanjutnya pada daftar yang ada pada tataletak pilihlah [Arab] kemudian tekan tombol [Add]. Selanjutkan tataletak Arab akan dimasukkan dalam daftar tataletak yang aktif di bawah tataletak U.S. English yuang merupakan tataletak standar.
  5. Selanjutnya klik [Apply] untuk menyetujui perubahan yang telah dilakukan.
  6. Amatilah pada system tray panel utama KDE Anda. Di situ muncullah sebuah ikon bergambar bendera bertuliskan US. Hal ini menunjukkan bahwa tataletak keyboard yang digunakan saat ini adalah tataletak standar. Kliklah ikon terebut sehingga gambar ikonnya berganti dengan yang bertuliskan AS, yang bertanda bahwa sekarang tataletak yang digunakan sekarang ini adalah Arab.
  7. Setelah pengaturan di atas, bila Anda ingin menambah atau mengurangi tataletak keyboard, tidak perlu masuk lagi ke JDE Control Center. Cukup klik-kanan ikon tataletak keyboard, kemudian klik [COnfigure…] dan lakukan pengaturan seperlunya.
  8. Selanjutnya cobalah buka salah satu editor kesayangan Anda dan pastikan tataletak aktif adalah Arab dan ketikkanlah satu atau dua kata. Anda akan melihat bahwa semuanya akan ditulis dalam huruf hijaiah.

Sebagai cacatan, penulisan dalam huruf hijaiah ini hanya berlaku pada modus grafis, alias tidak berlaku untuk modus shell dan seluruh aplikasi under shell, seperti editor vi, dan sebagainya. Dan satu lagi yang harus diperhatikan adalah Anda harus menghafal letak setiap huruf hijaiah pada keyboard Anda agar mudah menggunakannya. Selamat mencoba.

Penulis: Indra Sutriadi Pipii

Sumber: Tabloid PCplus

Share it now...
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on Google+0
The following two tabs change content below.
Unix/Linux enthusiasts, good working experience with SAN, NAS, Linux, Solaris, AIX, VMWare & Graphic Design. Certified for Solaris Admin, EMC & HDS Storage.

4 thoughts on “Mengetik Huruf Hijaiyah di Linux

  1. Indra Sutriadi Pipii says:

    Thanks nih ya… tulisan ku di Tabloid PCplus dimasukkin di blog ini… 🙂
    Udah lama nih gak muncul lagi tulisan di PCplus… :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *